Perencanaan matang membuat blog yang menghasilkan

Membuat sebuah blog sangat gampang sekali.Bahkan hanya waktu 15 menit saja sudah jadi.Yang susah adalah membuat blog yang berkualitas dan menghasilkan.Karena kita bicara bisnis online,tentunya tujuanya adalah blog yang bisa menghasilkan rupiah.

Untuk menjadikan blog sebagai mesin uang anda,Semua perlu sebuah perencanaan yang matang.Jangan main-main tapi jangan takut juga untuk mencoba.Learning by Doing.

1.Planning / Perencanaan
Perencanaan ini sangat penting sekali.Segala sesuatu tanpa perencanaan pasti hasilnya tidak maksimal.Perencanaan terdiri dari perencanaan teknis dan non-teknis.

a.Perencanaan Teknis
Yaitu berkaitan dengan cara.Dapat berupa cara membuat blog,setting blog,mempromosikan blog,pemilihan nama blog yang tepat dll.Semua itu dapat anda pelajari dengan membeli buku tentang blog yang sekarang sudah sangat menjamur di toko buku.Ataupun browsing di internet juga sudah banyak.

b.Perencanaan Non Teknis
Yaitu lebih menekankan tujuan anda membuat blog,tema/ruang lingkup blog,target pembaca blog anda dll. Contoh Kalau blog bisnis tentu tujuan,tema & target pembaca sangat berbeda dengan blog pribadi.

2.Isi blog / Content
Isi blog bisa di katakan sebagai jantung blog anda.Siapapun akan tertarik dan bolak - balik mengunjungi blog anda apabila isi blog menarik.Buatlah content yang banyak orang membutuhkan informasi anda atau sedang hangat di bicarakan,Tutorial dll.
Contoh : Saya membuat sebuah artikel "Bisnis Tokek".di luar dugaan,setelah saya check di site meter.com artikel ini banyak sekali yang baca,bahkan top of rank.

3.Desain Blog
Buatlah desain blog yang menarik.Karena ikut andil juga untuk kesuksesan blog anda.Design blog seharusnya menggambarkan konsep blog anda.Konsep blog gaul jangan di samakan dengan konsep blog bisnis.
Background blog sebaiknya menggunakan warna putih dengan font / huruf gelap.Hal ini akan membuat mata lebih nyaman.Jangan terlalu banyak upload image karena akan memperlambat saat pengunjung membuka blog.Apabila blog saat di buka lama,sangat di pastikan blog anda akan di tinggalkan pengunjung.
 
4.Link
Untuk postingan awal dalam rangka masih mencari traffic disarankan menggunakan teknik "link".Gunakanlah link internal dan eksternal.Link internal yaitu link yang mengarah ke dalam blog anda sendiri,Link external yaitu link yang mengarah ke dalam blog lain ( blog yang sudah terkenal,blog teman dll ).Link sebaiknya bisa berupa kata kunci yang sering di pakai.

5.Promosi
Untuk blogger pemula, tahap promosi ini sangat penting sekali.Sebagus apapun content anda kalau tidak promosi,hasilnya tidak akan maksimal.
Banyak cara untuk mempromosikan blog anda diantaranya :

- Daftarkan di Search Engine ( Google,Msn,Yahoo dll )
- Daftarkan di dmoz.com
- Daftarkan di mypagerank.net
- Daftarkan di RSS Feed
- Daftarkan blog directory ( technorati,blogcatalog, dll )
- Tukar link dengan teman
- Pasang alamat blog anda di signatur email anda
- Pasang iklan gratis / berbayar
- Gunakan software iklan massal sekali klik ( sangat di rekomendasikan ),download klik disini.

Bila semua item di atas sudah anda lakukan, pasti traffic blog anda akan meningkat drastis.Impian para blogger adalah traffic yang melimpah,itu saja.Karena dengan traffic yang melimpah,rupiah akan sangat mudah mengalir ke rekening pribadi anda.

Dengan demikian jadilah blog yang menghasilkan.

Semoga bermanfaat . . .

Comments :

0 komentar to “Perencanaan matang membuat blog yang menghasilkan”

Posting Komentar