Melacak Kesalahan ( error ) Komputer



Melacak Kesalahan : Graphic Card

1.Start dalam safe mode
Periksa device manager, apakah card di deteksi dengan benar dan apakah ada konflik resource ?

2.Bebaskan slot PCI
Biarkan slot PCI di samping slot AGP kosong, karena keduannya menggunakan interupt yang sama.

3.Update drive
Install selalu driver terbaru terlebih dahulu.Perhatikan juga ada produsen yang menawarkan dua jenis driver.Satu driver yang telah di periksa microsoft ( telah di sertifikasi ) dan sebuah performance – driver.Yang terakhir inilah biasannya lebih mampu mengoptimalkan card.

4.Jangan meninggalkan jejak
Sebelum instalasi driver terbaru,terlebih dahulu de-instalasi driver yang lama ( dengan program uninstall bila perlu ) dan pasang driver VGA standard.

5.Turunkan modus AGP
Board dengan modus chipset VIA atau ALI cenderung crash pada transfer AGP yang cepat.Turunkan modus AGP dalam BIOS dari 4x ke 2x atau bahkan ke 1x.

Melacak Kesalahan : Motherboard

1.Perhatikan bunyi “beep”
Bunyi beep dapat berarti ada komponen yang tidak berfungsi.Bila bios tidak mengenali komponen utama sebuah PC,seperti keyboard,hard disk, RAM atau graphic card, bios akan melaporkannya dengan bunyi beep yang spesifik.Arti bunti ini berbeda-beda tergantung produsennya.Untuk bios AMI dan phoenix misalnya , anda temukan ringkasan yang sangat bagus di internet pada link : http://www.computerhope.com/beep.html


2.PC tetap membisu

Sebaliknya bila PC sama sekali tidak mengeluarkan bunyi beep,pertama-tama periksa,apakah processor terpasang pada socket atau slot-nya dengan tepat.

3.Tegangan pada casing menyebabkan gangguan kontak
Longgarkan sekrup-sekrup pada sandaran semua card pada casing.Kadang-kadang sandaran card yang melengkung menyebabkan tegangan pada casing dan gangguan kontak ( kasus ekstrim )

4.Cabut yang lainnya
Singkirkan semua card kecuali graphic card dan start ulang.Bila berhasil,kembalikan card satu per satu ke slot masing-masing.Dengan demikian akan ketahuan,apakah ada card yang rusak atau tidak terpasang dengan benar.

5.Singkirkan juga grphic card
Setidaknya bios akan mengeluarkan bunyi beep.

6.Tukar board,adapter atau processor
Kini anda hanya bisa memilih apakah mengganti adapter atau motherboard.Kesalahan pada adapter tertentu tidak dapat di diagnosa secara meyakinkan( misalnya bila hard disk dan adapter dalam kondisi baik ), karena adapter modern mematikan semual saluran pada hampir semua jenis kesalahan.


Melacak Kesalahan : Multimedia


1.Mengatasi konflik resource
Cobalah membagikan resource ( interrupt,alamat I/O dan DMA ) secara manual melalui device manager windows.Dalam setup plug & play bios keluarkan interrupt yang di inginkan ( di rervasi for legacy / ISA )

2.Pindah ke slot lain
Cobalah slot lain untuk card tersebut.Tips : kosongkan slot PCI di sebelah slot AGP

3.Aktifkan modus DMA
Dengan DMA ( Direct Memory Acces ) yang di aktifkan,drive DVD dapat mengakses RAM secara langsung tanpa melalui CPU

4.Update Driver

Install driver graphic card terbaru, sound card dan multi meldia card lainnya.Bacalah terlebih dahulu panduan instalasinya.Update driver tertentu menuntut deinstalasi driver lama.

5.Update direct-x
Instalasikan direc-x versi terbaru.Kerja sama drive hardware dengan direct-x sangat penting,karena kebanyakan aplikasi multi media melalui kombinasi ini.

6.Instal ulang windows
Untuk menyingkirkan semua file sistem yang salah atau DLL yang rusak hingga tuntas,install ulang windows secara komplit.Amankan data anda,format ulang hard disk dan mulailah dari awal lagi.

Melacak Kesalahan : Periperal

1.Periksa hubungan
Seperti tersirat dalam namanya, perangkat periperal terletak agak jauh dari PC dan biasannya berkomunikasi melalui kabel.Di sini letak sumber banyak masalah.Periksalah kontak pada dua sisi ini, misalnya apakah ada pin yang bengkok.Untuk tes gunakan kabel lain.

2.Kesalahan perangkat
Cobalah mem-fungsukan peralatan tersebut pada pc lain ( sharing ).Bila berhasil, berarti pc anda yang bermasalah.

3.Lakukan self-test

Printer memiliki fungsi diagnosa sendiri yang juga berfungsi tanpa pc.Bila hasil cetak buruk, aktifkan fungsi cleaning beberapa kali.

4.Pasang perangkat satu per satu

Banyak perangkat seperti modem sangat memakan resource.Hubungkan perangkat satu persatu an berpasangan, untuk melacak adanya konflik.

5.Update driver
Seperti kasus lainnya update pula dengan driver terbaru

6.Perhatikan urutan instalasi pada USB
Perangkat USB tertentu ( misalnya Logitech-Webcams ) menuntut sebuah instalasi driver pada saat perangkatnya tidak terhubungkan .Jadi,cabut perangkatnya, instalasikan drivernya,lalu pasang lagi perangkatnya.Setelah itu windows akan mengaktifkan sendiri driver tersebut.

Silakan mencoba dan good luck for you...

Comments :

0 komentar to “Melacak Kesalahan ( error ) Komputer”

Posting Komentar