Kok nge-blog bisa menghasilkan duit ?

Bila ada blogger pemula bertanya : “ kok blog bisa menghasilkan duit...?”
Itu gampang sekali jawabanya.Untuk memudahkan anda memahaminya, saya umpamakan hal tersebut dengan pak tani dengan sawahnya.Baca terus sampai tuntas artikel ini.

Seorang petani untuk memenuhi nafkah keluarganya tentunya hasil utamanya dari menanam padi di sawahnya.Petani ini begitu cinta dan menyayangi sawahnya dengan cara memeliharanya,memupuknya,membuang gulma-gulma yang selalu mengganggu tanaman padinya.Setiap hari dia pergi ke sawah tak pernah merasa bosan demi memenuhi kebutuhan keluarganya.Dia punya prinsip “jika dia sayang kepada sawahnya maka sawahnya pun akan sayang kepadanya”
Di sawahnya pak tani tidak hanya menanam padi saja sebagai hasil utamanya tapi juga bisa menanam tanaman lain yang bisa menghasilkan atau istilahnya sistem tumpang sari.Jadi hasilnya bisa double.

Filosofi pak tani dan sawahnya di atas bisa disamakan dengan bisnis online. Dimana pak tani sebagai anda ( pebisnis online/blogger ) dan sawahnya sebagai blog/website.Sebenarnya yang lebih bagus lagi adalah website berbayar karena website berbayar terlihat lebih profesional jadi orang akan menilai lebih di banding blog gratisan.Tapi tidak usah berkecil hati walaupun blog gratisan bila di kelola dengan sungguh-sungguh juga bisa menghasilkan duit.Sudah banyak contohnya. Di sini saya belum bicara website berbayar karena sasaran saya adalah para blogger pemula.

Sebagai seorang junior dalam bisnis online sebuah blog adalah sangat penting.Sama seperti filosofi di atas anggaplah blog sebagai sawah anda yang siap di tanami padi-padi unggul.

Apa yang saya lakukan pada blog pertama saya ?

1. Cintailah blog anda seperti pak tani mencintai sawahnya
Berilah sedikit sentuhan cinta.Blog anda belum bisa menghasilkan bila tidak ada rasa cinta sedikitpun di hati anda.Cinta akan membuat blog anda menjadi “indah”.Cinta di sini bisa di artikan memeliharanya, menjagannya, merawatnya.

2. Tanamlah artikel “bibit unggul”
Bibit unggul akan menghasilkan padi yang banyak dan tahan hama.Artikel bibit unggul maksudnya adalah artikel yang berbobot.
Contoh artikel bibit unggul : Artikel yang informatif ( banyak memberikan informasi kepada pengunjung ),tidak lekang di telan zaman,sedang hangat di bicarakan,hasil buah pikiran sendiri dengan di lampirkan sumber/referensi dari ahlinya yang dapat di percaya.
Artikel bibit unggul ini nantinya akan menarik banyak pengunjung bahkan pengunjung akan selalu merasa haus akan artikel anda.Jika sudah begitu itulah aset anda.

3. Terapkan juga sistem “Tumpang Sari” di blog anda

Disamping artikel, anda bisa menanam iklan baris,iklan banner,PPC sendiri di blog.Isi iklan tersebut bisa berasal dari semua program bisnis yang sedang anda jalani.Ingat, jangan terlalu banyak iklan karena akan memberi kesan jelek.Tentunya hasilnya akan double bukan ...

4. Datangilah blog anda secara konsisten.
Datanglah ke blog anda setiap hari ( idealnya ).Pantaulah jumlah pengunjung,kolom komentar.Balaslah komentar pengunjung dengan ramah sehingga para pengunjung merasa di hargai.Cek pula traffic blog anda,Apakah ada peningkatan atau statis.Kalau pengunjung anda tidak ada / sedikit,carilah solusinya.Baca “Cara Sukses Promosi Blog”
5.Bersiaplah untuk panen raya pengunjung

Semoga bermanfaat . . .

Comments :

1
miko moki mengatakan...
on 

mampir brow nice post....

Posting Komentar