Cara Memperbaiki Komputer Mati

Jika tiba-tiba computer anda mati yang pertama anda lakukan adalah jangan panik.Lakukan pertolongan pertama pada komputer.Langsung saja lakukan langkah sebagai berikut :

•LANGKAH KE-1

Buka casing computer sebelah kanan,lalu periksa semua sambungan kabel yang menuju ke mother board.Apakah semua sudah terpasang dengan baik ?Jika tidak segera benahi, jika kotor coba bersihkan dengan kuas kecil.

Uji Coba Power Supply

Caranya : lepas semua konektor power supply yang terhubung dengan hard ware jangan sampai ada yang tertinggal.Setelah itu ambil sebuah kabel pendek yg berpelindung.Cari kabel yang berwarna hijau tua dan hitam pada konektor yang berisi 24 pin,lalu hubungkan dengan dengan kabel kecil tadi.Setelah itu,beri tegangan pada power supply .

Jika kipas power supply anda berputar,berarti fitur tersebut masih berfungsi.Segera lepas sambungan listrik dan kabel yang terhubung ke konektor 24 pin tadi,lalu pasangkan kembali konektor power supply pada hardware.Ingat jangan sampai ada yang salah pasang.

•LANGKAH-2

Lepas sambungan ke hard disk anda,baik kabel IDE maupun kabel power supply.Beri tegangan pada power supply,lalu tekan tombol power.Dengarkan baik-baik.Apakah anda mendengarkan bunyi beep pendek 1x ? lalu cek apakah kipas pada pendingin prosessor anda berputar.Jika kipas berputar tapi anda tidak mendengar apapun,lakukan lagkah ketiga.Bunyi beep pendek 1x itu bertanda memory anda dalam keadaan OK.

Coba perhatikan analisa suara beep berikut :

Pada tahapan ini pendeteksian masalah menggunakan kode suara (beep) yang dimiliki oleh BIOS dan dapat kita dengar lewat PC Speaker. Pastikan kabel PC Speaker sudah terpasang dengan baik. Kemungkinan letak permasalahan ada di komponen nomor 4 dan 5. Untuk mempermudah pengenalan kode suara tersebut, silakan simak keterangan berikut :

- Bunyi beep pendek satu kali, artinya sistem telah melakukan proses Boot dengan baik.

- Bunyi beep pendek 2 kali, artinya ada masalah pada konfigurasi atau seting pada CMOS.

- Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 1 kali, artinya ada masalah pada Motherboard atau DRAM.

- Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 2 kali, artinya ada masalah pada monitor atau VGA Card.

- Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 3 kali, artinya ada masalah pada Keyboard.

- Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 9 kali, artinya ada masalah pada ROM BIOS.

- Bunyi beep panjang terus-menerus, artinya ada masalah di DRAM.

- Bunyi beep pendek terus-menerus, artinya ada masalah penerimaan tegangan (power).

- Pada beberapa merk Motherboard akan mengeluarkan bunyi beep beberapa kali apabila temperatur processornya terlalu tinggi (panas).

Catatan : kode bunyi beep diatas berlaku pada AWARD BIOS, untuk jenis BIOS yang lain kemungkinan memiliki kode bunyi beep yang berbeda.

•LANGKAH KE-3

Lepas memory RAM dari slotnya.Jika jumlah ada 2 atau lebih,lepas semua .Jika sudah,kembali kembali hubungkan power supply ke sambungan listrik.Tekan tombol power.Apakah anda mendengar lagi bunyi beep ? jika beep-nya panjang,berarti ada masalah pada RAM atau memory.

Ambilah penghapus pensil,lalu gosokan pada pin-pin tembaga pada RAM,layaknya menghapus tulisan yang salah pada kertas tujuannya untuk membersihkan kotoran yang melekat pada tembaga.Jika sudah bersih pasangkan kembali pada tempat semula.Jika anda memiliki dua RAM,pasangkan salah satunya dulu baru di ikuti yang lainya.

Hubungkan power supply dengan listrik dan tekan tombol power.Jika sudah dengarkan kembali bunyi beep yang terjadi.Jika beep nya pendek berarti memory nya sudah OKE.Jadi anda bisa memasang RAM berikutnya,jika ada lebih dari satu.Tapi kalau beep nya panjang,pertanda memory nya bermasalah.Baiknya ,ganti RAM anda atau bisa di coba pindah kan ke slot yang lain.

Cara paling gampang adalah bisa pinjam RAM dulu ke teman anda yang masih oke dan dengan type yang sama kemudian masukan ke slot memory milik anda.Kemudian hidupkan komputer.Jika saat di pasang memory punya teman anda bunyi beep pendek berarti bisa di mungkinkan slot memory di motherboard anda masih oke tapi memory anda yang bermasalah.

Jika semua cara pertolongan pertama sudah dilakukan tapi masih bermasalah silakan panggil orang yang lebih ahli di bidangnya.Tips untuk sedikit mengurangi biaya perbaikan anda bisa coba minta tolong teman anda yang lebih tahu utk “membantu”anda.Tentu ongkos service nya pasti akan jauh lebih miring bahkan bisa gratis, enak kan…

Jika anda curiga hard disk anda yang bermasalah silakan baca postingan berikut :Memperbaiki Hard Disk Rusak atau baca kelompok artikel komputer di kolom blog sebelah kanan.

o...-begitu..Semoga bermanfaat

Di sadur dari Tabloid PC plus th.2008 dan berbagai sumber,thanks for all



Comments :

8 komentar to “Cara Memperbaiki Komputer Mati”
hands mengatakan...
on 

mohon dicantumkan ping back ataupun keterangan penyuntingan dari halaman web berikut
http://tanganku.wordpress.com/2008/05/22/komputer-mati-ada-apa-dengannya
trims

salam
admin@tanganku.wordpress.com

S@ng Pengembara mengatakan...
on 

bisa dicoba tuh ilmunya...bagus isi artikelnya bos...salam hangat dari s@ng pengembara

Bang Ucup mengatakan...
on 

Terima kasih banyak atas kunjunganya Sang Pengembara...saya langsung berkunjung balik ke blog sobat..

Bang Ucup mengatakan...
on 

Sobat "Hands" trims atas kunjungannya,kunjungan balik sudah kami lakukan...

dian mengatakan...
on 

kalau membetulkan laptop yg mati gimana ? :D

aura pelupa mengatakan...
on 

Mantab tutorialnya ijin save! Trims!

Bang Ucup mengatakan...
on 

Sobat Dian,Aura Pelupa terima kasih atas kunjunganya dan silakan copas saja...sukses untuk sobat semua

Agus mengatakan...
on 

ok sekali artikelnya, sy banyak belajar di sini

Posting Komentar