Tips Mengatasi Masalah Pada Hard Disk

Hai Bro...Saya mau sedikit bagi - bagi tips lagi tentang bagaimana mengatasi hard disk yang bermasalah.Kalau hard disk ( HDD ) kamu sedang dalam masalah, jangan di bawa ke bengkel komputer dulu.Atasi masalah sendiri dulu,ya iseng - iseng sambil belajarlah.
Lagian kalau di bawa ke bengkel kan butuh duit juga.Udah lah pemanasanya...jadi ngaco ngalor ngidul !

Langkah paling wahid yaitu matikan komputernya dulu ( jangan lupa !, biar nggak kesetrum ) sebelum melepas kabel HDD, sambil di lihat apakah posisi kabel HDD sudah bener.Setelah yakin banget sudah bener tapi masih trouble, coba juru - jurus berikut :

• Check Kecocokan HDD kamu dengan komputer kamu,jangan - jangan tidak mecing alias tidak klop.

• Check pemasangan semua card - card ( vga vard, sound card, modem card dll ) apakah sudah benar. Sekalian saja di bersihkan.Bersihkan pin emas yang ada pada card dengan penghapus pensil staedler jangan pakai kain lap,tangan atau lainya.

• Check semua connector ( colokan ) dan kabel data.
Lihat kabel data ( ATA / SATA ) apa kondisi pin masih bagus, posisi sudah benar ? jika memang ada yang di curigai coba tukar dengan kabel data yang sudah terbukti berfungsi dengan baik.Bila kamu tidak mau beli karena lagi bokek, kamu bisa pinjem kabel data pada teman kamu yang compatible.Bila memang itu sumber penyakitnya, kamu baru beli yang baru.

• Check posisi jumper apakah sudah benar dengan kondisi HDD disk kamu.
Jumper adalah kotak kecil yang di masukan ke dalam pin konektor HDD.Baca buku panduannya atau biasanya di belakang hard disk sudah ada petunjuk singkat tentang pemasangan jumper ini.Perhatikan posisi Primary Master dan Slave – nya.Bila HDD kamu cuma satu, pastikan seting jumper pada Primary Master.

• Check data / spesifikasi power supply.
Lihat watt-nya apakah semua komponen di dalam komputer kamu sudah tercover dengan watt yang ada.Kadang kita menambah komponen tanpa memperhatikan kapasitas power supply yang ada,akibatnya HDD kamu tidak kebagian jatah.

• Check Seting tipe HDD pada Bios.
Apakah seting tipe HDD kamu pada BIOS tidak melampui batas spesifikasi fisik dari HDD kamu ? Kadang ada motherboard lawas jika di pasang HDD baru, motherboard ini akan membaca kapasitas HDD separuh saja.Gunakan Disk Manager & Update Biosnya untuk mengatasi hal ini.

• Scaning dengan antivirus terbaru semua data yang masuk ke HDD kamu.
Salah satu yang sering menjadi masalah pada HDD yaitu virus.Biasanya yang menjadi inangnya adalah flash disk.Apalagi kamu habis dari warnet,sudah pasti tuch pulang ada yang “ngikutin” ( baca postingan saya sebelumnya ).Untuk meminimalisir penularan ini kamu bisa non – aktifkan autorun di komputer kamu dan gunakan software Flash Disk Lock V 1.5.

OK, itulah beberapa cara mengatasi HDD.Jika semua item diatas masih belum juga memberikan solusi, cari teman kamu yang ahli utak – atik komputer.Dan bila nggak punya teman yang ahli, terpaksa dech bawa aja ke bengkel dan siapkan duit yang cukup ( capek dech…)

Semoga Bermanfaat . . .

Comments :

1
Ide Bisnis mengatakan...
on 

Wuih rumit juga ya kalau "berhubungan ama benda mati" kaya gini. TAhu tahunya PLEK mati aja tanpa permisi.

Saya pernah tuh masalah kaya gini, pas pertengahan kerja, belum sempat nyimpen, si komputer mati aja tanpa permisi, yg ada setresss!!

BTW , info ini berguna banget bos, yg awam jadi paham sekarang(^^)

Posting Komentar