Penipuan modus surat berharga



Sebuah pengalaman nyata yang berharga...

Di jaman sekarang ini orang bisa menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang.Tidak memikirkan lagi harga diri.Sehingga banyak sekali kejahatan dengan modus-modus yang aneh-aneh.Seperti kejadian yang kebetulan terjadi di kantor tempat kerja saya.

Suatu pagi di kantor datang teman saya dengan membawa sebuah amplop kecil coklat berisi cek BCA senilai 4.7 Milyar,Surat Tanah dan SIUP.Surat ini di temukan di jalan Gatot subroto daerah Cimone,Tangerang.Dia menanyakan kepada saya tentang kebenaran surat-surat berharga ini.Apakah benar atau penipuan saja.Kebetulan salah satu dari teman kami sudah mengetahui modus ini sebelumnya.Jadi kami ambil kesimpulan bahwa itu adalah penipuan !

Modus Penipuan

Modusnya adalah si pelaku membuat surat-surat berharga seperti di atas, mirip dengan aslinya ( Namun bila di lihat dengan seksama pemalsuan surat-surat itu masih kurang profesional ) kemudian si pelaku menyebar surat-surat itu di berbagai jalan di kota besar di indonesia dengan harapan ada orang yang menemukan surat-surat ini kemudian si penemu menelpon ke si pelaku dengan tujuan ingin mengembalikan surat-surat tsb.

Setelah sudah saling kontak si pelaku ( penipu ) sangat mengucapkan banyak terima kasih kepada si penemu.Sebagai rasa terima kasih si pelaku ingin memberikan sejumlah uang via transfer bank.Tapi sebelum si pelaku men-transfer ke si penemu, si pelaku meminta kepada si penemu untuk men-transfer dahulu sejumlah uang ( nominalnya jutaaan rupiah ) ke pada si pelaku sebagai syarat membuka rekening bank tertentu ( maaf istilahnya saya lupa ).Inilah kejanggalannya !
Apabila si penemu “bodoh”, pasti di akan memenuhi permintaan si pelaku ini.Bila sudah begini,maka hilanglah uang di tangan.

Bagi anda yang ingin melihat surat-surat berharga tersebut,berikut sengaja saya scan untuk saya sebarkan di internet agar tidak banyak lagi korban berjatuhan.Mohon maaf sekali karena besarnya file ( takut loading blog saya lama .)silakan anda download di sini

Kasus ini pun pernah terjadi di kebumen,jawa tengah.Silakan baca ini

Modus berita kecelakaan

Selain kejahatan dengan modus surat berharga, ada lagi modus kuno yang masih saja terjadi di masyarakat.Yaitu modus berita kecelakaan.Cara kerja modus ini adalah seseorang yang mengatas namakan dokter/pegawai rumah sakit tertentu menelphone ke rumah korban mengabarkan bahwa salah satu anggota keluarga ( yang sedang merantau/di luar kota ) telah masuk rumah sakit akibat kecelakaan dengan kondisi yang sangat parah,bahkan dia memperkeruh suasana dengan mengabarkan bahwa hidupnya tidak lama lagi.Kemudian si penipu meminta sejumlah uang untuk dalih biaya admisnistrasi/pengobatan awal.Tak tanggung-tanggung jumlah yang di minta bisa sampai jutaan rupiah.

Mendengar kabar kecelakaan itu tentunya pihak keluarga sangat terkejut dan akal sehat pun tidak di hiraukan lagi.Bagaimana tidak terkejut bila anak,istri,suami yang sedang merantau terkena musibah.

Nah dalam kekalutan inilah yang di manfaatkan si penipu untuk mengambil untung.
Hal inilah sudah terjadi di kampung saya,cilacap ( makanya saya bisa sharing ), malahan dia sudah transfer 3 juta ke si penipu.Itupun hasil ngutang sana-sini demi anak yang “kena” kecelakaan.

Tips menghindari penipuan

1.Utamakan akal sehat dan logika
2.Jangan terburu-buru, hadapi dengan tenang
3.Cari kebenaran informasi tersebut ke instansi terkait
4.Jangan transfer sejumlah uang
5.Tanya terlebih dahulu ke saudara,teman
6.Laporkan ke polisi bila tahu posisi si pelaku

Itulah sedikit sharing saya semoga kita selalu waspada untuk menghadapi modus-modus kejahatan ini. Kejahatan hanya bisa terjadi kalau ada kesempatan, maka waspadalah . . .! waspadalah . . . !

Semoga bermanfaat . . .

Comments :

0 komentar to “Penipuan modus surat berharga”

Posting Komentar