Tips Mudik Lebaran Menggunakan Sepeda Motor

Hemm...Kayaknya bau kampung halaman sudah dekat nih karena lebaran sudah dekat.Segala persiapan sudah mulai di lakukan baik bagi yang pulang kampung maupun yang tidak mudik.Bagi yang tidak mudik sudah siap-siap pesen ayam kampung untuk menu hari lebaran nanti dan bagi yang mudik mulai sibuk mempersiapkan keperluan mudik seperti mempersiapkan kendaraaan agar fit di perjalanan.

Nah di sini saya sedikit sharing "Tips Mudik Lebaran Menggunakan Sepeda Motor".Semoga tips mudik aman ini bisa bermanfaat untuk anda.Berikut adalah tips-tips nya :

- Berdoalah sebelum berangkat

- Sebelum kendaraan,persiapkan juga kesehatan anda semaksimal mungkin jangan sekali - kali mudik dengan kondisi tidak fit.Jika memang harus terpaksa mudik lebih baik anda menggunakan bus atau kereta saja.

- Bawalah motor anda ke bengkel yang terpercaya sebab tidak sedikit bengkel "nakal" yang memanfaatkan moment mudik ini untuk memperoleh keuntungan yang sebanyak-banyaknya.

- Periksalah bagian motor yang terpenting diantaranya : Oli,Roda dan velg ,Busi,Karburator,Rantai, aki,Penerangan dll.Dan jika di temukan bagian yang tidak layak segera ganti dengan yang baru jangan berfikir ngirit untuk urusan nyawa anda karena ini adalah perjalanan jauh dan jaring maut siap menangkap anda.Lihat gambar ilustrasi di atas.

- Bawalah barang bawaan seperlunya,bisa juga menggunakan box yang biasa di pasang di belakang motor anda agar anda lebih nyaman.

- Ada peraturan baru dari Kepolisian yaitu Tidak boleh membawa penumpang lebih dari satu jika melanggar pasti akan di tindak.

- Jangan pernah menarget kan jam berapa anda akan sampai di kampung karena hal ini akan memicu anda untuk tergesa-gesa.Ingat, tergesa - gesa bisa bikin celaka.Buatlah perjalanan anda nyantai dan nyaman.

- Bagi anda yang baru pertama kali mudik menggunakan motor jangan takut untuk nyasar karena nanti banyak sekali orang-orang yang anda temui dijalan yang mudik bareng anda.Lagi pula di perjalanan banyak petunjuk jalan atau tulisan " Ke Jawa"Jika anda masih tersesat juga jangan malu untuk bertanya.

- Menurut pengalaman saya, jalan yang agak membingungkan malah di dalam kota jakarta sendiri bukan setelah keluar jakarta.

- Bawalah peta jika perlu.Silakan download peta mudik lebaran 2010 di link berikut : Peta Mudik1,Peta Mudik2,Peta Mudik3

- Minumlah minuman penambah stamina dan sebisa mungkin ada teman yang bisa saling bergantian menjadi driver.

- Lebih konsentrasilah dan berhati-hatilah di daerah yang banyak berlubang.

- Jika perlu bawalah P3K seperlunya.

- Jika anda capek di tengah jalan berhentilah dan regangkanlah otot-otot leher,tangan,pinggang dan kaki anda.Jika mengantuk tidurlah sejenak.

- Tanamkan dalam pikiran anda "Enjoy dan Santai...." dalam perjalanan anda,dengan demikian anda akan sangat menikmati mudik lebaran ini

- Dan yang terakhir , Ingat , Bapak ,Ibu,keluarga,saudara semua menunggu anda selamat sampai kampung halaman.

- Selamat Mudik Lebaran 2010 ,salam untuk keluarga semua dan saya doakan semoga selamat sampai tujuan

O-begitu,Semoga bermanfaat...


Comments :

2 komentar to “Tips Mudik Lebaran Menggunakan Sepeda Motor”
assrorboy mengatakan...
on 

enak boz mudik pake motor..palagi klo rame2 confoi hahaha

Drafter Ngapak mengatakan...
on 

iya mas...

Posting Komentar